Supangkat’s Legiuner

Sebuah Perjalanan Kisah, Kasih, Cinta dan Keluarga

Kalian Merasa susah bangun ato dingin????

OSTEOPOROSIS!!!!!!
Evi kaget ketika mengetahui hasil pemeriksaan densitas ( kepadatan ) tulangnya, ternyata sudah terdapat pengeroposan tulang padahal umurnya masih 40 tahun, evi sekarang tahu ternyata keluhan nyeri yang dia rasakan selama ini apalagi bila udara dingin bukan semata-mata karena hawa dingin tapi juga karena adanya pengeroposan tulang.

Osteoporosis atau pengeroposan tulang, setiap orang tua pasti akan mengalami hal ini tapi meskipun begitu waktu terjadinya bisa bervariasi, sebenarnya pengeroposan tulang mulai terjadi pada usia 30 an, paling banyak hal ini memang dialami oleh kaum wanita di banding pria.

Gejala klinik :
Keluhan utama adalah sakit / linu sendi dimana pada fase awal terjadi sesudah aktivitas yang berlebihan
Kaku sendi dapat dirasakan terutama sesudah istirahat lama, biasanya pagi hari setelah bangun pagi

Evi bingung apakah osteoporosis bisa diperlambat ?
Ternyata meski osteoporosis tidak bisa dicegah tapi masih bisa diperlambat perjalanannya. Hal apa saja yang bisa dilakukan untuk memperlambatnya ?

Pada akhirnya Evi berusaha untuk mencari jawaban nya dari beberapa sumber hingga pada satu waktu Evi menemukan jawbannya, ternyata sangat sederhana lho, mau tahu jawabannya? Nah ini dia hal-hal yang bisa memperlambatnya ternyata sangat mudah dilakukan dan harganya pun sangat murah, seperti :

Olahraga
Kenapa zaman dulu orang- orang jarang mengalami keropos tulang? Hal ini karena orang- orang zaman dulu sejak usia anak- anak dalam bermainpun lebih banyak mengandalkan gerakan tubuh, seperti manjat pohon, lari-lari, petak umpet, bersepeda, dll. Sedangkan zaman sekarang anak – anak lebih suka bermain game internet, play station, apalagi berbagai macam stasiun tv menawarkan berbagai macam tontonan anak, belum lagi tuntutan orang tua yang mewajibkan anak – anaknya ikut berbagai macam les sehingga sampai dirumah mereka sudah kelelahan dan lebih suka untuk beristirahat. “ Terbukti dengan banyak gerakan tubuh atau berolahraga dapat meningkatkan sel- sel osteoblast ( sel pembentuk tulang )”

Berat badan
Mengontrol berat badan sangat penting dilakukan karena dengan berat badan seimbang maka beban tulang untuk menyangga tubuh bisa lebih ringan dan tubuh juga lebih bisa untuk berolahraga, contoh orang yang terlalu gemuk maka mereka akan sulit untuk menggerakkan badannya dan hal ini bisa mempengaruhi bekerjanya sel- sel osteoblast.

Diet kaya kalsium dan vitamin D3 aktiv
Kalsium idealnya dibutuhkan 1000 – 1500 mg / hari. Kalsium dapat diperoleh dari susu (dua hingga tiga gelas susu sehari dianggap cukup memenuhi kebutuhan kalsium harian ), kedelai ( bisa berupa minuman atau makanan yang mengandung kedelai, contoh tahu atau tempe, tahu seberat satu gram setara dengan 1.450 mg kalsium ), suplemen kalsium ( hati – hati bila berlebih di berikan pada orang tua bisa mengakibatkan hiperkalsemia ( kadar kalsium dalam darah melebihi normal dan batu ginjal ).

Diet rendah garam
Selain rendah garam bagus untuk penderita hipertensi dan stroke, ternyata rendah garam juga bagus untuk mengurangi pengoroposan tulang, sebab diet kaya garam akan menarik kalsium keluar dari tulang. Diet rendah garam yang diharapkan adalah 2 gram sehari atau kurang dari 6 gram sehari, sekitar 1,5 sendok teh.

Diet kaya kalium
Kalium ternyata berhubungan dengan asupan garam. Kalium yang terkandung dalam buah dan sayuran akan bereaksi terhadap efek negatif dari diet kaya garam karena kalium ternyata melindungi tulang atau membatasi kerusakan tulang yang disebabkan diet kaya garam. Disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah 7 – 8 porsi sehari. Buah yang mengandung kalium seperti pisang, melon, kentang.

Bone Mass Density ( BMD ) ?
Pemeriksaan BMD atau kepadatan massa tulang sebaiknya mulai dilakukan pada usia 35 tahun dan menjelang menopause sehingga jauh – jauh hari kita bisa mengurangi atau memperlambat osteoporosis. Pemeriksaan ini perlu diulangi lagi 6 bulan sampai dua tahun sekali, bergantung alat yang dipakai.

Maret 30, 2008 - Posted by | Kesehatan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: