Supangkat’s Legiuner

Sebuah Perjalanan Kisah, Kasih, Cinta dan Keluarga

Sakit Cekot-cekot and Snut-snut

“Gue sakit kepala neh, kepala nyut –nyut atau kepala gue sakit sebelah neh” kata – kata seperti ini sering sekali kita dengar, dan kadang – kadang ada yang mengatakan sakit kepalanya disertai dengan mual, kepala terasa berputar. Umumnya sakit kepala tidak sampai menyebabkan penyakit serius, obat pereda nyeri biasanya menjadi makanan rutin bagi orang – orang yang mengalami hal ini. Namun kelewat sering mengonsumsi obat pereda nyeri sebenarnya tidak dianjurkan oleh dokter. Soalnya, sakit kepala ternyata ada berbagai macam jenis gejala dan pengobatannya pun berbeda pula.
¼br> Sakit kepala Psikoneurotik
¼br> “Kenapa ya kepala gue sering sekali sakit, kadang 2 – 3 kali seminggu?” Keluhan seperti ini sering juga kita dengar. Biasanya sakit kepala ini timbul di kedua sisi kepala atau seperti diikat kuat. Sakit kepala ini bisa muncul secara periodik ( dua atau tiga kali seminggu ) atau kronik ( 15 hari atau lebih sebulan ).
 Pemicu : Cemas dan tegang tanpa sebab yang relevan, ketegangan jiwa menyebabkan ketegangan kepada otot – otot dan otot –otot kepala – leher – bahu yang  tegang secara berlarut – larut akan menimbulkan nyeri otot ( myalgia ). Ketegangan otot dan bahu juga bisa disebabkan oleh sikap waktu bekerja.
Obat – obat penghilang nyeri bisa digunakan bisa juga ditambah dengan obat – obat penghilang cemas serta obat pereda kekakuan pada otot. Dalam kasus berat resep dokter biasanya diperlukan.
Pencegahan : Bila pada tahap awal nyeri muncul hal yang bisa langsung dilakukan adalah menarik nafas dalam secara perlahan untuk memunculkan sikap rileks. Lakukan pijatan disekitar tengkuk dan pelipis. Sedangkan untuk pencegahan jangka panjang, hal – hal berikut biasanya bermanfaat :
·        Mengambil istirahat tiap satu jam kerja untuk meregangkan otot leher dan punggung. Lakukan gerakan palingkan leher ke kiri hitung dg 20 hitungan – ke kanan ( 20 hitungan ), setelah itu kepala tengadahkan ke atas ( 20 hitungan ) – ke bawah ( 20 hitungan ), patahkan ke arah kiri ( 20 hitungan ) – ke arah kanan ( 20 hitungan ).
·        Latihan aerobik secara teratur, ini bisa meningkatkan level endorfin, pembunuh nyeri yang diproduksi tubuh secara alamiah.
·        Latihan biofeedback, yang merilekskan otot dan mengurngi stres.
·        Untuk sakit kepala kronik, antidepresan yang bisa meningkatkan level serotonin dalam otak biasanya membantu.
Yang perlu diingat : Tak dianjurkan menggunakan obat nyeri secara berlebihan ( lebih dari tiga kali seminggu ). Pemakaian obat penghilang nyeri secara berlebihan bisa mengganggu manajemen nyeri alamiah tubuh. Karena hal itu bisa menyebabkan nyeri susulan, sakit kepala terjadi lebih sering dan lebih berat. Bila seseorang mengalami siklus berulang maka sebaiknya segera kunjungi dokter.
¼br> Migrain
¼br> “ Aduh kepala gue, nyeri sebelah neh, mbuuuakk gue mual neh “ Hal seperti ini juga sering kita dengar. Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebenarnya apa aja sih penyebabnya?
Sakit kepala ini biasanya disertai nyeri berdenyut – denyut atau berdentum – dentum. Setiap serangan berlangsung beberapa menit sampai satu hari dan sebulannya dapat timbul 1 – 4 kali serangan. Pada waktu serangan berlangsung tangan dan kaki terasa dingin. Hampir semua penderita migrain merasakan mual ketika diserang nyeri dan sebagian disertai dengan muntah – muntah juga, diantara mereka ada yang diare satu sampai beberapa kali dengan tinja yang encer atau tinja yang berupa cairan.Umumnya nyeri hanya di satu sisi kepala. Sebelum terjadi nyeri kepala biasanya didahului oleh suatu prodroma, yaitu :
·        Peningkatan kepekaan terhadap cahaya, bola mata terasa bergerak – gerak sendiri.
·        Peningkatan kepekaan terhadap suara, telinga terasa berdengung.
·        Anggota tubuh, tangan/ kaki terasa hilang kekuatannya.
·        Vertigo ( kepala terasa berputar )
·        Gejala – gejala psikomotorik seperti bengong, bingung, gelisah.
Gejala – gejala diatas timbul untuk sementara waktu, pada umumnya selama beberapa menit. Adakalanya gejala – gejala tersebut berlangsung sampai beberapa hari. Tidak lama setelah gejala prodromal muncul, nyeri kepala sesisi mulai terasa yang dengan cepat atau secara sedikit demi sedikit menjadi hebat.
Pemicu : Makanan tertentu ( Anggur merah, keju, coklat, daging olahan, MSG, es krim, ), pil KB, kelaparan, perubahan cuaca, sinar menyilaukan, seks ( karena gairah terlalu tinggi ), menstruasi. Pemicu ini bisa berlainan pada tiap orang. Karena itu membuat suatu catatan sendiri tentang kapan biasanya timbul migrain sangat diperlukan.
Pencegahan : Beberapa antidepresan, juga beta blocker, dan bloker saluran kalsium, sering bisa membantu menstabilkan bagian – bagian otak yang membangkitkan migrain. Bila migran disebabkan pendinginan mendadak pada saraf mulut ( makan es krim ) maka mengatasinya dengan makan es krim perlahan – lahan. Bila migrain diduga terjadi karena seks maka dianjurkan untuk mengaatasi ini dengan antiradang non steroid ( pereda nyeri ) sebelum hubungan seks dilakukan.
¼br> Mabuk ( hangover )
¼br> Bila sakit kepala disebabkan karena terlalu banyak minum alkohol maka untuk mengatasinya , sebelum tidur, dianjurkan minum banyak air untuk menggantikan dampak dehidrasi alkohol, lalu minum obat pereda nyeri. Pagi harinya saat bangun tidur, kembali minum air dan jus buah.
¼br> Sinusitis
¼br> “ Aaaauuuu “ Evi berteriak ketika bangun pagi tiba – tiba merasakan nyeri di kepala dan sekitar hidungnya. Hal ini kadang disertai bengkak disekitar mata dan hidung. Sebenarnya apa yang terjadi pada Evi?
Nyeri berdenyut, terus – menerus dengan puncak – puncak nyeri secara intermiten. Nyeri terasa di belakang dan bawah mata serta di dahi, kadang disertai demam dan pembengkakan wajah. Pada pagi hari nyerinya terasa lebih hebat daripada siang hari. Hal ini mungkin disebabkan oleh banyak penimbunan sekresi di dalam sinus pada malam hari. Nyeri terasa lebih berat dan berdenyut – denyut pada waktu membungkuk atau menundukkan kepala. Nyeri ini dinamakan nyeri sinusitis.
Pemicu :  infeksi sinus yang disertai flu atau salesma.
Pencegahan : kompres hangat, berendam air hangat dan minum – makanan hangat bisa membantu meningkatkan imun tubuh. Bila terjadi sinusitis bisa diberikan obat antibiotik dan pereda nyeri.
¼br> Gejala putus kafein
¼br> Biasanya terjadi pada seseorang yang biasa minum kopi lalu tiba – tiba berhenti mengkonsumsi kopi. Nyeri biasanya di kedua sisi kepala dan kadang kepala seperti diikat. Pemicunya, si peminum kopi tak mendapatkan jatah kopi yang biasa diminumnya. Hal ini membuat pembuluh darah melebar yang bisa menghasilkan nyeri di kepala. Mencegahnya minumlah kopi pada saat yang sama setiap hari, dan bila ingin menghilangkan ketergantungan pada kopi maka kadar kafein pada kopi yang anda minum sebaiknya dikurangi secara bertahap.
¼/p>

Maret 30, 2008 - Posted by | Kesehatan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: